Tips Memperbaiki Permasalahan pada Plafon

Posted on

Plafon atau langit-langit rumah tentu menjadi bagian penting dari rumah Anda. Akan tetapi, plafon juga menjadi salah satu bagian dari dalam rumah yang sering mengalami kerusakan. Kali ini, RUMAH akan membahas beberapa masalah yang terjadi pada plafon. Masalah-masalah ini diambil dari Twitter, Facebook, dan komunitas grup, berikut solusinya. Yuk kita simak!

PLAFON BERGELOMBANG

Saya baru memasang plafon, tapi setelah jadi ternyata plafon tidak rata dan tampak bergelombang. Bagaimana cara mengatasinya?

– Plafon bergelombang biasanya terjadi karena ada kesalahan pada proses pemasangan rangka. Atau, rangka Anda tidak kuat menahan beban bodi/badan plafon sehingga bergelombang. Sebaiknya, Anda lakukan pemasangan ulang sehingga plafon terlihat rata. Agar pemasangan lurus, Anda bisa menggunakan alat bantu waterpass.

– Saya menggunakan penyangga di beberapa titik pada plafon untuk menghilangkan gelombang tersebut. Penyangga bisa berupa besi hollow, kawat sling, atau kayu. Tapi ini hanya solusi untuk sementara waktu. Sebaiknya, Anda segera melakukan pembongkaran agar plafon kembali lurus tanpa takut gelombang muncul lagi.

PLAFON BERNODA

Plafon rumah saya terlihat kotor seperti bercak-bercak noda. Apakah noda seperti itu bisa dihilangkan?

– Sebelum mengatasi plafon yang bernoda, Anda harus cek terlebih dahulu masalah utama yang menyebabkan plafon bernoda. Genting yang bocor biasanya menjadi penyebab utama plafon bernoda. Jadi, ketika plafon bernoda, perbaiki dahulu genting yang bocor hingga genting tertutup rapat. Lalu, cek kondisi plafonnya. Jika tidak ada masalah dengan bodi/badan plafon, Anda bisa melakukan pengecatan pada plafon untuk menutupi noda.

– Plafon saya waktu itu bernoda karena genting bocor. Saya mengatasinya cukup dengan pengecatan ulang. Sebelum dicat, noda pada plafon dihilangkan terlebih dahulu menggunakan ampelas. Untuk noda yang tebal, pengecatan dilakukan beberapa lapis hingga noda tertutupi.

SAMBUNGAN PLAFON RETAK

Saya menggunakan plafon fiber semen, setelah beberapa lama saya melihat ada retakan pada sambungan plafon. Bagaimana memperbaikinya ya?

– Jika retaknya hanya berupa retak rambut, maka Anda bisa menggunakan compound untuk menutupi retak. Namun, apabila retakan yang terjadi cukup besar, berarti terjadi kesalahan pada struktur plafon. Jika demikian, berarti Anda perlu melakukan pembongkaran struktur dan penggantian plafon fiber semen.

 

Memasang plafon fiber semen hampir sama dengan memasang jenis plafon lainnya. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memasang plafon jenis fiber semen.

  1. RANGKA. Anda bisa menggunakan rangka kayu atau rangka hollow. Pastikan pada setiap pertemuan sambungan, fiber semen harus bertemu dengan rangka sebagai perkuatan pada sambungan.
  2. SAMBUNGAN. Jika Anda menggunakan rangka kayu, maka alat sambungan yang digunakan adalah paku berkepala lebar. Paku berkepala lebar dipilih karena bisa menahan beban plafon fiber semen. Apabila Anda menggunakan rangka metal, maka gunakan sekrup untuk memasang plafon.
  3. JARAK NAT. Pada pemasangan plafon fiber semen, jarak nat atau celah yang disarankan minimal 2mm. Nat ini berfungsi untuk meletakkan compound sehingga plafon lebih merekat satu sama lain. Gunakan compound jenis cornice adhesive dan tape untuk menutup sambungan antarpanel.

Tak hanya itu saja, rumah juga membutuhkan sebuah genset untuk sumber listrik cadangan. harga genset yang murah dan cocok untuk rumah tangga bisa dibeli dari distributor resmi genset silent 500 kva di Jakarta. salah satunya adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon serta garansi resmi.