Sistem Transportasi Pada Tumbuhan

Sistem Transportasi Pada Tumbuhan Lengkap

Posted on

Sistem Transportasi Pada Tumbuhan Lengkap – Setiap tumbuhan mempunyai sebuah sistem transportasi atau pengangkutan untuk tumbuhan dikotil dan juga tumbuhan monokotil. Tumbuhan sangat tergantung pada sistem transportasi yang terjadi pada tumbuhan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dengan sistem transportasi itu sendiri berarti proses pengangkutan air dan mineral dari tanah, yang merupakan sumber makanan utama dalam tumbuhan , ke dalam sirkulasi semua bagian tumbuhan .

Dengan sistem transportasi ini, air dan mineral yang terkandung dalam tanah dapat masuk ke tubuh tumbuhan . Air dan mineral yang masuk diproses oleh fotosintesis dalam daun dengan bantuan sinar matahari menjadi nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan . Sistem transportasi pada tumbuhan dibagi menjadi dua bagian:

  • Sistem transportasi tumbuhan tingkat rendah
  • Sistem transportasi tumbuhan tingkat tinggi

Sistem Transportasi Pada Tumbuhan

Transportasi Tumbuhan Tigkat Rendah

Baca Juga : hukum newton

Pada tumbuhan tingkat rendah, pengangkutan air dan mineral tidak dilakukan dalam pembuluh jaringan. Pengangkutan air dan mineral terjadi melalui semua organ di tumbuhan. Setiap tumbuhan membutuhkan air dan mineral untuk bertahan hidup. Bukan hanya air, tetapi juga zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan , seperti oksigen, karbon dioksida, air dan mineral.

Daunnya adalah salah satu organ dalam tumbuhan yang dapat mengikat karbon dioksida dan oksigen pada tumbuhan dengan pembuluh pengangkut jaringan. Kemudian zat lain seperti air dan mineral dikeluarkan dari tanah oleh akar. Transpor aktif, difusi, dan osmosis adalah cara di mana tumbuhan menyerap oksigen, air, dan karbon dioksida.

Transportasi Tumbuhan Tigkat Tinggi

Ada dua jenis proses transportasi untuk pengangkutan air dan mineral dari tanah pada tumbuhan  tingkat tinggi, yaitu dengan metode intravaskular dan ekstravaskular. Sistem transportasi air ini melintasi serat dari serat akar dan mencapai batang di tumbuhan untuk kemudian mencapai semua bagian tumbuhan .

Pengangkutan air dan mineral dengan sistem ekstravaskular mengangkut air dan garam mineral dari tanah melalui akar. Selama pengangkutan air dan mineral dengan sistem intravaskular, pengangkutan air dan mineral dari akar ke semua bagian tumbuhan berlanjut.

Tiga Proses Pengangkutan Unsur Hara

  1. Proses osmosis adalah pengangkutan air dan mineral melalui lapisan semipermeabel dari konsentrasi rendah atau lokasi air hipotonik ke konsentrasi air yang tinggi atau, misalnya, air yang mengalir melalui xilem dan endoderm.
  2. Proses difusi adalah pengangkutan zat dari lokasi konsentrasi tinggi atau konsentrasi hipertonik ke lokasi konsentrasi rendah atau hipotonik. Misalnya, tanaman menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida saat terjadi pada malam hari.
  3. Proses transportasi aktif adalah transportasi air dan mineral menggunakan energi ATP melalui lapisan kedap air. Misalnya, pengangkutan glukosa melalui lapisan membran.

Sumber dikutip dari : rumus.co.id