Nintendo mengeluarkan seri konsol mini dari Nintendo Switch : Nintendo Switch Lite

Nintendo mengeluarkan seri konsol mini dari Nintendo Switch : Nintendo Switch Lite

Posted on

Nintendo mengeluarkan seri konsol mini dari Nintendo Switch : Nintendo Switch Lite

Angin segar bagi para gamers, kini pabrikan game yang sudah lama malang melintang di industri game, Nintendo, telah meluncurkan seri terbarunya yaitu Nintendo Switch Lite. Perlu diketahui untuk konsol seri lite adalah seri mini dari konsol regulernya yaitu Nintendo Switch yang memiliki ukuran lebih besar dan harganya tentu lebih mahal dari versi lite-nya.

Sesuai dengan pernyataan General Producer dari Nintendo Switch, Yoshiaki Koizumi bahwa pembuatan Nintendo Switch memang dikhususkan untuk mereka yang ingin tetap bermain game seri nintedo di luar rumah sekalipun.

Untuk versi lite hanya berbeda pada segi ukuran dan dari segi harga. Hal tersebut berarti untuk gamers yang mobilitasnya tinggi, Nintendo Switch Lite adalah pilihan yang tepat karena fasilitas portabelnya yang bisa dinikmati dimana saja tanpa perlu dihubungkan dengan televisi, dengan harga yang lebih murah dan ukuran yang lebih mini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen akan konsol game yang nyaman dimainkan di genggaman.

Sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya tentu menjadi keunggulan tersendiri untuk versi lite ini. Sesuai dengan namanya, perangkat ini bobotnya lebih ringan dari perangkat yang reguler karena ukurannya juga yang lebih kecil.

Versi lite ini juga disebutkan terasa lebih kokoh karena Joy-Control langsung terpasang ke perangkat. Bukan terpisah seperti apa yang ada pada Nintendo Switch versi asli. Selain itu ukuran yang kecil menyebabkan pemakaian baterainya pun lebih hemat.

Jika Nintendo Switch versi asli hanya mampu bertahan 2,5-6 jam, untuk Nintendo Switch Lite ini mampu bertahan antara 3-7 jam pemakaian.

Ukuran yang lebih kecil tentu berdampak langsung pada ukuran layar versi lite ini. Versi asli dari nintendo switch ini memiliki ukuran 6,2 inci sedangkan untuk versi lite memiliki sedikit perbedaan yaitu sekitar 5,5 inci. Perbedaan yang tidak terlalu mencolok ini mengakibatkan versi lite dapat dijadikan alternatif konsol untuk para gamers yang budgetnya minimalis.

Setidaknya untuk menikmati fitur dari versi aslinya kini bisa diperoleh dengan harga yang lebih murah. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung dari pihak Nintendo bahwa diantara kedua konsol tersebut tidak memiliki perbedan di sisi kinerja. Bisa dikatakan kedua konsol ini memang identik. Aksesori seperti joy-con, switch pro controller, dan poke ball plus msih bisa dinikmati di konsol versi lite seperti pada konsol versi aslinya.

Satu kekurangan dari konsol Nintendo Switch Lite adalah ada beberapa game yang tidak bisa dimainkan pada konsol versi lite ini tetapi bisa dimainkan pada versi regulernya. Sebenarnya asal muasal dari tidak bisa dimainkannya beberapa game di konsol versi lite ini adalah karena kemampuannya yang tidak mendukung Desk Mode (Mode TV).

Karena memang bebapa game hanya dapat dimainkan di Desk Mode. Game yang tidak bisa dimainkan di Nintendo Switch versi Lite ini adalah Super Mario Party. Untuk memainkannya dalam mode multiplayer, gamers harus mendapatkan satu set Joy-Cons tambahan yang kemudian dapat dihubungkan ke konsol melalui Wi-Fi.

Hal tersebut membuat game super mario menjadi game yang cukup mahal untuk dimainkan jika ingin memainkan dalam mode multiplayer pada Nintendo Switch Lite.

Gamers yang memiliki anggaran terbatas sepertinya harus berpikir ulang. Game lain yang nasibnyas sama adalah Just Dance, dan Nintendo Labo. Hal tersebut membuat beberapa gamers yang ingin membeli konsol ini berpikir ulang. Namun, Nintendo mungkin melihat hal tersebut menjadi peluang bisnis yang cerdas. Bagaimana tidak, konsol ini menarik bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, disisi lain mereka yang ingin memainkan game seperti Super Mario Party mau tidak mau harus merelakan sedikit lagi koceknya untuk mendapatkan versi normal konsol.

Menurut Kompas.com (11/7/2019) sejak diluncurkan 2017 lalu, penjualan Nintendo Switch telah mencapai 35 juta unit secara global, dan digadang-gadang sebagai konsol terlaris buatan pabrikan jepang ini.

Nintendo Switch Lite ini rencananya akan dijual mulai tanggal 20 September 2019. Kabarnya harga Nintendo Switch Lite ini berkisar antara 199 dollar AS (Rp 2,8 juta), lebih murah sekitar 100 dollar jika dibandingkan versi regulernya yang berada di kisaran 300 dollar AS (Rp 4 Juta)