Investasi : Pengertian, Tujuan dan Jenis

Posted on

Pada kesempatan kali ini majalahpendidikan akan membahas tentang pengetian investasi, tujuan dan jenis investasi .

Untuk lebih lengkap mari kita simak penjelasan berikut :

Apa investasi itu?

Teori ekonomi mendefinisikan atau mendefinisikan investasi, sebagai pengeluaran untuk pembelian barang modal dan peralatan produksi dengan tujuan mengganti dan, di atas semua itu, menambah barang dan jasa di masa depan. Investasi umumnya dikenal sebagai investasi atau pembentukan modal.

Pengertian investasi berbasis Sunariyah (2004: 4) dalam pengantar pengetahuan pasar modal: “Investasi adalah investasi untuk satu atau lebih aset yang dimiliki dan sebagian besar memiliki umur panjang dengan impian menghasilkan keuntungan di masa depan.

Definisi investasi berdasarkan Jogiyanto (2010: 5) dalam bukunya teori Portofolio dan analisis investasi adalah: “Investasi menunda konsumsi saat ini untuk dimasukkan ke dalam kegiatan produktif untuk periode waktu tertentu.

Memahami investasi berdasarkan Gitman dan Joehnk (2005: 3) dalam bukunya Fundamentals of Investing mendefinisikan investasi sebagai berikut: “Investasi adalah setiap kendaraan di mana dana dapat ditempatkan dengan harapan bahwa mereka akan menghasilkan pendapatan positif dan / atau melestarikan atau tingkatkan nilainya “.

Ini berarti bahwa investasi adalah alat di mana anggaran dapat ditempatkan dengan impian menghasilkan pendapatan positif dan mempertahankan atau menambah nilai. Dari makna ini dapat disimpulkan bahwa investasi adalah suatu kegiatan, keterlambatan nyata konsumsi di masa kini dalam jumlah yang ditentukan dan selama durasi tertentu dari suatu kegiatan yang efektif bagi investor, dengan tujuan mencapai keuntungan di masa depan dengan tingkat tertentu seperti yang diharapkan, tentu lebih baik daripada mengkonsumsi di masa sekarang.

Tujuan investasi

Tujuan investasi yang berbeda akan mempengaruhi kapasitas portofolio yang dikelola. misalnya, tujuan investasi investor adalah pertumbuhan jangka panjang, sehingga kapasitas portofolio yang ia ciptakan akan relatif kurang dari kapasitas portofolio yang dibuat untuk tujuan memperoleh laba jangka pendek. Berikut adalah beberapa tujuan investasi:

Hasilkan pendapatan konstan
Dengan berinvestasi, investor atau investor akan secara aktif atau pasif memperoleh akuisisi atau pendapatan selama periode waktu tertentu, misalnya investasi ekuitas, investor atau investor akan menerima dividen pada setiap kuartal atau pada akhir setiap tahun

Memperbesar bidang bisnis atau komersial
Meningkatkan nilai investasi dalam bentuk investasi adalah upaya untuk memperluas sektor bisnis, semakin besar modal investasi sehingga tingkat produksi barang atau jasa selalu lebih tinggi, sehingga sektor bisnis menjadi lebih besar.

Jaminan komersial
Investasi juga dapat berfungsi sebagai jaminan untuk sektor bisnis, ketika investasi dilakukan di pemasok atau di sektor komersial yang lebih luas sehingga sektor ekonomi aman secara operasional

Kurangi kompetisi
Dengan investasi, persaingan di sektor komersial dengan peluang yang sama akan berkurang karena investor akan lebih bertekad untuk berinvestasi daripada membuka perusahaan swasta.

Jenis investasi

Investasi keuangan
Jenis investasi keuangan dibagi menjadi 5, tetapi pertama-tama Anda juga harus memahami bahwa ada 6 jenis investasi berpenghasilan rendah.
Berikut adalah 5 jenis investasi keuangan dengan penjelasan:

area penyimpanan
Yang dimaksud dengan deposito adalah bahwa investor akan memasukkan modal mereka dalam jangka waktu tertentu. Namun biasanya dalam waktu singkat kemudian mereka mendapat untung dalam bentuk bunga. Bunga deposito terlihat seperti risiko.
Deposit secara pribadi dibagi menjadi dua lembar, yaitu deposito berjangka dan sertifikat deposito. Penjelasan berikut:

persediaan
Jika Anda memiliki saham di sektor tertentu, ini serupa dengan Anda memiliki sumber daya di bidang itu.

Tautannya
Ini adalah bukti dari deklarasi hutang, dalam arti bahwa pinjaman adalah bukti bahwa seseorang telah memberikan hutang kepada sektor atau entitas tertentu, dan sebagian besar periode pembayaran lebih dari 12 bulan.

Dana investasi umum
Reksadana dapat diartikan sebagai tempat untuk menyeimbangkan akun. selanjutnya anggaran yang terkumpul akan diinvestasikan dalam portofolio, yang kemudian akan diinvestasikan kembali.
Dalam reksa dana, pendapatan atau kerugian yang diperoleh akan dibagi rata di antara investor.

emas
Jika Anda melihat harga emas cenderung stabil dan meningkat lebih sering setiap tahun. tidak sedikit orang yang berinvestasi dalam emas, yang kemudian menukarnya ketika harga emas naik. jenis emas yang sering diinvestasikan biasanya adalah jenis ingot emas.

Properti
Ialah investasi yang berkaitan dengan bangunan, contoh mulai dari perumahan, apartemen, dan gudang-gudang. Yang mana bangunan-bangunan tersebut dapat disewakan atau diperjualbelikan.

Teknologi
Ialah investasi yang terkait dengan bisni-bisnis pada bagian teknologi. seperti contohnya bumi pertelevisian, rumah produksi, perfilman, telekomunikasi dan lain-lain.

Artikel Lainnya : gurusekolah.co.id