mengatasi malas

Hadapi Dengan Tegas! 6 Cara Mengatasi Karyawan Malas

Posted on

Setiap orang pasti punya yang namanya rasa malas, entah itu malas yang positif atau malas yang negatif.Tapi, untuk seorang pekerja kantoran atau karyawan memiliki rasa malas umumnya langsung merujuk ke hal yang negatif dan pastinya akan langsung menimbulkan hal yang tidak nyaman di lingkungan kerja.

Nah, apa yang harus dilakukan Anda sebagai seorang atasan untuk menanggapi hal tersebut?

Tentunya langkah yang bijak dan tepat, seperti beberapa cara mengatasi karyawan malas yang sudah ada di ulasan berikut ini.

6 Cara Mengatasi Karyawan Malas, Tepat Dan Bijak

  • Bangun Percakapan Hangat

pembicaraan hangat

Step pertama yang harus Anda lakukan pastinya adalah memanggil karyawan kurang semangat itu ke hadapan Anda untuk melihatnya dengan langsung.

Tapi, saat dia datang ke hadapan Anda jangan langsung tanyakan apa yang membuatnya malas, tapi bangunlah percakapan hangat terlebih dahulu agar dia tidak meraa terintimidasi.

Buat pembicaraan yang membuat dia nyaman dan rileks.Anda harus mengeluarkan wibawa Anda sebagai seorang pemimpin.

  • Koreksi Penyebab Kemalasan

mengkoreksi kesalahan

Setelah Anda berhasil membuatnya rileks Anda bisa menanyakan apa penyebab dia merasa malas secara langsung untuk membuktikan kebenaran, karena terkadang Anda sudah mendengar beberapa alasan dari karyawan Anda yang lain.

Jika semisal dia mengungkapkan penyebab kemalasan dia, dengarkan dia terlebih dahulu, jangan potong pembicaraanya.Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik, karena sama saja dia sedang mencurahkan perasaannya kepada Anda.

Setalah dia selesai bicara, baru Anda bisa memberikan tanggapan yang selama ini Anda simpan, tapi sampaikan tanggapan Anda dengan bijaksana.

  • Sadarkan Dengan Nasihat Dan Motivasi

beri semangat

Saya yakin tanggapan yang akan Anda berikan nantinya pasti merujuk pada sebuah penyadaran.Itu memang diperlukan, munculkan kembali kesadaran-kesadaran karyawan Anda dengan memberikannya nasihat dan juga motivasi.

Tanyakan kembali apa tujuan dia bekerja di perusahaan Anda, dan apakah dia bisa membangun tujuan tersebut jika cara bekerjanya dengan malas-malasan.Itu nantinya bisa memberikan kesadaran sedikit demi sedikit untuk dia.

  • Ciptakan Kenyamanan Di Tempat Kerja

bangun kekeluargaan

Kesadaran sudah mulai terbangun dalam diri karyawan Anda, itu merupakan sebuah kemajuan yang patut diapresiasi.Selanjutnya adalah dengan semakin menumbuhkan benih kesadaran tersebut dengan terus membuat dia nyaman bekerja dengan Anda.

Berikan dia semangat yang tinggi, hargai setiap kerja kerasa yang dia kerjakan.Ingat Anda harus benar-benar membuat perubahan besar pada diri karyawan Anda.

Bukan hanya dia saja, berikan itu semua kepada seluruh karyawan Anda.Jalin kekeluargaan di antara karyawan-karyawan Anda dan Anda.

  • Terus Pantau Perkembangan

pantau perkembangan

Anda masih harus tetap memantau perkembangan karyawan Anda itu, jangan sampai lengah karena bukan berarti Anda sudah memberikan nasihat, dukungan, dan semangat dia akan berubah secara sempurna.

Terkadang rasa malas itu datang bukan hanya sekali lalu bisa hilang begitu saja.Rasa malas itu pasti akan menyergap setiap orang tanpa diketahui kapan datangnya.

Jika semisal dia masih saja malas, maka Anda bisa memberikan dia libur untuk bisa memuaskan rasa malasnya itu di rumah bukan di kantor.Selain itu, liburan juga dapat membuatnya terhindar dari perasaan stress akibat bekerja.

  • Terapkan Sanksi

berikan sanksi

Jika Anda sudah melakukan semua hal yang ada di atas tapi dia masih belum menunjukkan perubahan maka Anda bisa memberikan sanksi pada karyawan Anda tersebut, agar dia bisa lebih sadar apa dampak yang akan dia dapatkan jika melakukan hal seperti itu.

Itu mungkin saja bisa menjadi hentakan keras di hatinya dan mendorongnya untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Menghadapi karyawan yang bermasalah memang memerlukan kesabaran dan langkah yang tepat.

Bagi Anda yang merasakan bahwa karyawan Anda butuh pelatihan agar bisa lebih produktif lagi, maka Anda bisa menerapkan sistem pengembangan karyawan pada seluruh karyawan Anda.

Meraka juga perlu berkembang, jadi dengan cara itu mereka pasti bisa lebih maju lagi.

Semoga bermanfaat.