Beda Kaki Katak / Fins Panjang vs Pendek

Posted on

Melaju lebih cepat adalah tujuan akhir setiap perenang. Itulah yang Anda kerjakan setiap hari. Selain dari semua latihan, interval dan pelatihan lahan kering, peralatan berenang dan aksesori pelatihan juga dapat menambah dorongan besar untuk latihan Anda. Sirip berenang atau kaki katak atau fins, khususnya, biasa dikenakan oleh perenang yang menggunakan peralatan renang lengkap berguna untuk mendorong Anda melalui air dan menambah kecepatan latihan Anda. Mereka bagus untuk menambah kekuatan dan daya tahan keseluruhan yang meningkat tanpa menyebabkan ketegangan tambahan pada tubuh bagian atas.

Dengan sirip, ada sejumlah besar gaya sirip berenang, masing-masing melayani tujuan unik mereka sendiri. Gaya yang paling umum adalah sirip berenang pendek dan sirip berenang panjang.

Anda mungkin telah melihat sirip pisau pendek dan sirip pisau panjang di sekitar dek kolam renang lokal Anda, tetapi apa bedanya keduanya? Kami berharap untuk memeriksanya di sini dengan ikhtisar singkat tentang sirip berenang panjang dan pendek untuk membantu Anda memahami.

Sirip Berenang Panjang
Cocok & Desain
Sirip berenang pisau panjang menyerupai sirip snorkeling khas Anda. Mereka dibuat dengan tumit dan pisau yang lebih panjang, lebih fleksibel, dan tepi yang rata untuk membantu menciptakan lebih banyak ketahanan air, dan tendangan yang lebih panjang dan lebih lebar. Blade yang lebih panjang kemungkinan akan menjadi lebih fleksibel dan membentang seiring waktu, yang mengurangi efisiensi dan umur panjangnya.

Pro & Kontra
Kelebihan: Desain sirip yang lebih panjang menciptakan lebih banyak resistensi dan kelenturan dalam tendangan Anda, sambil menutupi lebih banyak area permukaan di dalam air, yang pada akhirnya membantu mengaktifkan otot-otot Anda, meninggikan kaki dan pinggul Anda dan mendorong Anda lebih cepat.

Cons: Karena pisau yang lebih panjang, Anda memiliki rentang gerak yang lebih sedikit daripada yang Anda lakukan pada sirip yang lebih pendek. Karena itu, Anda cenderung meniru gaya menendang alami, pendek, dan cepat.

Ringkasan
Sirip renang pisau panjang adalah pilihan yang bagus untuk perenang tingkat pemula dan menengah yang mencari kecepatan, kenyamanan, dan fleksibilitas yang mudah dalam tendangan.

Sirip Berenang Pendek
Cocok & Desain
Sirip berenang pisau pendek secara signifikan lebih pendek daripada sirip pisau panjang Anda, dan umumnya hanya memperpanjang beberapa inci tambahan dari ujung jari kaki Anda. Sirip berenang pendek menawarkan gaya yang lebih luas, termasuk kedua ujungnya yang miring dan rata, yang dirancang khusus untuk menargetkan kelompok otot dan sapuan yang berbeda. Karena desainnya yang pendek, sirip pisau pendek cenderung lebih kaku dan kurang fleksibel di kaki Anda. Sirip berenang pendek umumnya akan memiliki umur yang lebih panjang daripada sirip yang lebih panjang, karena mereka tidak cenderung untuk berbaring.

Pro & Kontra
Kelebihan: Karena orientasi sirip, sirip pisau pendek membuatnya lebih mudah untuk menjaga tempo cepat pada laju tendangan yang lebih tinggi, dengan daya dorong yang ideal melalui air. Ini tidak hanya membantu dengan teknik koreksi, dan meniru kecepatan balapan alami, tetapi juga membangun kekuatan stroke yang spesifik pada otot-otot kaki.

Kekurangan: Karena Anda menendang dengan kecepatan yang lebih tinggi dan tempo yang lebih cepat, sirip pisau yang lebih pendek mengaktifkan dan membakar otot Anda lebih cepat, yang membutuhkan lebih banyak upaya untuk menyelesaikan kecepatan yang ditetapkan.

Ringkasan
Sebagian besar pelatih berenang lebih menyukai sirip pendek daripada sirip panjang karena kesamaan dalam pola tendangan dengan berenang tanpa akhir alami Anda. Dengan sifatnya yang cepat, Anda pada dasarnya mendapatkan dua kali lipat manfaat dengan sirip pendek daripada Anda dengan pisau yang lebih panjang. Yang mengatakan, sirip pisau pendek lebih cocok untuk perenang yang lebih berpengalaman, yang sedang dalam pelatihan.